Ciri-ciri Pohon Binahong, Jenis, Manfaat, dan Budidaya

Insyira

Jenis-jenis pohon binahong

Pohon Binahong adalah jenis tumbuhan yang berasal dari wilayah tropis di Indonesia dan termasuk dalam famili Anacardiaceae. Dikenal dengan nama lain sebagai pohon mar(mersi), pohon binahong memiliki bunga berwarna merah dan buah berwarna hijau yang matang menjadi merah. Pohon ini sering ditemukan di pegunungan dan dijadikan sebagai tanaman hias di taman-taman kota.

Jenis-jenis pohon binahong

Jenis-jenis pohon binahong

Pohon binahong atau disebut juga dengan pohon beluntas adalah tanaman yang dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Tanaman ini biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman obat dan juga sebagai tanaman hias. Ada beberapa jenis pohon binahong yang dikenal, di antaranya adalah:

Binahong Merah (Basella rubra)

Binahong merah merupakan jenis pohon binahong yang sering ditanam sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna hijau keunguan dan tangkai berwarna merah. Pohon binahong merah ini memiliki kandungan zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Binahong Putih (Basella alba)

Binahong putih merupakan jenis pohon binahong yang memiliki daun berwarna hijau muda dengan tangkai berwarna putih. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan makanan karena memiliki rasa yang enak dan juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Selain itu, binahong putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti anemia dan masalah pernapasan.

Binahong Variegata (Basella rubra variegata)

Binahong variegata merupakan jenis pohon binahong yang memiliki daun bercorak warna ungu kecoklatan dengan bagian tepinya berwarna hijau. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk daun yang unik dan cantik. Binahong variegata juga memiliki kandungan nutrisi yang baik dan bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Binahong Kuning (Basella rubra aurea)

Binahong kuning merupakan jenis pohon binahong yang memiliki daun berwarna hijau kekuningan dengan tangkai berwarna merah. Tanaman ini sering ditanam sebagai tanaman hias dan juga sebagai tanaman obat. Binahong kuning memiliki kandungan vitamin C, kalsium, dan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan.

Binahong Hijau (Basella cordifolia)

Binahong hijau merupakan jenis pohon binahong yang sering ditemukan di Indonesia dan India. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna hijau tua dan tangkai berwarna merah. Binahong hijau memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah anemia.

Itulah beberapa jenis pohon binahong yang dikenal. Meskipun memiliki berbagai macam jenis, namun semua jenis pohon binahong memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang indah.

Manfaat pohon binahong

Manfaat pohon binahong

Pohon binahong memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Berikut adalah beberapa manfaat pohon binahong:

Meningkatkan kesehatan tubuh

Pohon binahong mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin C, zat besi, dan kalsium. Nutrisi tersebut membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan juga membantu mencegah anemia.

Mengatasi masalah pernapasan

Pohon binahong juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi masalah pernapasan, seperti asma dan bronkitis. Selain itu, daun binahong juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan.

Mengatasi masalah pencernaan

Pohon binahong memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Serat dalam binahong juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya kanker usus.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Pohon binahong mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, binahong juga dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari atau faktor lainnya.

Menjaga kesehatan mata

Pohon binahong mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu mencegah terjadinya katarak dan juga membantu mempertahankan penglihatan yang baik.

Mengatasi hipertensi

Pohon binahong juga memiliki sifat hipotensi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan potasium dalam binahong juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mencegah terjadinya hipertensi.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dalam pohon binahong dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Antioksidan tersebut melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat pohon binahong yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga sebagai tanaman hias yang indah. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli sebelum menggunakan pohon binahong sebagai obat tradisional atau suplemen makanan.

Cara budidaya pohon binahong

Budidaya pohon binahong

Pohon binahong adalah tanaman yang mudah dibudidayakan, baik di kebun, pot, ataupun di lahan terbuka. Berikut ini adalah cara budidaya pohon binahong:

Persiapan media tanam

Pohon binahong bisa ditanam di berbagai jenis tanah, mulai dari tanah liat, pasir, hingga tanah berhumus. Namun, sebaiknya tanah yang digunakan memiliki pH yang netral atau sedikit asam, dengan kisaran pH 5,5 – 7,0. Pohon binahong juga membutuhkan media tanam yang cukup gembur dan kaya akan nutrisi.

Penyemaian bibit

Bibit pohon binahong bisa diperoleh dari biji atau stek. Jika menggunakan biji, sebaiknya rendam biji dalam air selama 24 jam sebelum disemai di media tanam. Setelah itu, bibit perlu disiram secara teratur agar kelembabannya tetap terjaga.

Penanaman bibit

Bibit binahong yang sudah tumbuh sekitar 10-15 cm bisa dipindahkan ke tempat yang lebih luas atau ke dalam pot yang lebih besar. Jarak tanam antara satu bibit dan bibit lainnya sebaiknya sekitar 50-60 cm agar bisa tumbuh dengan baik.

Perawatan

Pohon binahong membutuhkan perawatan yang cukup mudah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Pohon binahong membutuhkan sinar matahari yang cukup, sekitar 6-8 jam sehari.
  • Pastikan kelembaban tanah tetap terjaga dengan cara menyiram tanaman secara teratur.
  • Berikan pupuk secara teratur, khususnya pupuk yang mengandung nitrogen dan kalium.
  • Jika tumbuh di pot, sebaiknya tanaman dipindah ke pot yang lebih besar setiap 6-8 bulan sekali.

Pemanenan

Pohon binahong bisa dipanen setelah berumur sekitar 2-3 bulan. Daun yang sudah tua dan kering perlu dipetik agar tanaman tetap tumbuh dengan baik. Sebaiknya daun yang dipanen digunakan dalam waktu dekat untuk menjaga kualitasnya.

Itulah beberapa cara budidaya pohon binahong. Dengan melakukan perawatan yang baik, pohon binahong dapat tumbuh dengan subur dan memberikan manfaat kesehatan yang baik.

Ciri-ciri pohon binahong

Ciri-ciri pohon binahong

Pohon binahong adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Berikut adalah beberapa ciri-ciri pohon binahong:

Batang dan daun

Pohon binahong memiliki batang yang berbentuk merayap dan mudah bercabang. Daunnya berbentuk bulat dan memiliki tepi bergelombang, dengan panjang sekitar 2-7 cm. Daun ini memiliki warna hijau tua dan agak mengkilap, dengan tulang daun yang jelas terlihat di bagian bawah daun.

Akar rimpang

Pohon binahong memiliki akar rimpang yang tumbuh di bawah permukaan tanah. Akar ini memiliki bentuk yang melingkar atau tidak beraturan, dengan warna putih hingga coklat kehitaman. Rimpang pohon binahong memiliki aroma yang khas dan rasanya pahit.

Bunga dan buah

Bunga pohon binahong berbentuk seperti payung dengan warna merah muda hingga ungu pucat. Bunga ini tumbuh pada batang pohon binahong dan memiliki tangkai yang panjang. Buah binahong berbentuk bulat dan berwarna hitam kecil, yang tumbuh dari bunga setelah bunga mekar.

Tumbuh di daerah lembap

Pohon binahong tumbuh subur di daerah yang lembap, seperti di sekitar sungai, rawa-rawa, atau daerah yang memiliki tanah yang lembab. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang subur dan memiliki kandungan air yang cukup.

Dapat tumbuh sepanjang tahun

Pohon binahong dapat tumbuh sepanjang tahun meskipun tergantung pada kondisi lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman tersebut. Namun, pohon binahong yang tumbuh pada musim hujan cenderung tumbuh lebih cepat dan lebih subur.

Itulah beberapa ciri-ciri pohon binahong yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengenali tanaman ini. Pohon binahong sangat penting bagi kesehatan dan dapat digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional, sehingga mengenalinya dengan baik akan sangat bermanfaat.

Bagikan:

Tags

Insyira

Lulusan S1 dengan jurusan Sarjana Sosial yang sangat suka membaca dan menulis, oleh karena itu saya memilih jalan hidup untuk menjadi seorang Blogger, semoga karya saya dapat bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Ciri-ciri Pohon Binahong, Jenis, Manfaat, dan Budidaya”

  1. Ping-balik: Ciri-ciri Pohon Binahong - Lensa Terdepan

Tinggalkan komentar