Ciri-ciri Pohon Gaharu Asli yang Punya Banyak Manfaat

Insyira

Terdapat corak bintik putih di batang

Sebenarnya ini merupakan cerita tentang Rendy7 Baskara yang sedang berpetualang di hutan, dan dalam petualangannya itu ia mencoba mencari pohon gaharu. Setelah berhasil menemukan pohon tersebut, ia juga menjelaskan tentang bagaimana ciri dari pohonnya. Mau tahu seperti apa? Simak penjelasan ciri-ciri pohon gaharu berikut sampai habis yang sebagaimana telah Rendy7 Baskara jelaskan.

Terdapat corak bintik putih di batang

Terdapat corak bintik putih di batang

Ciri-ciri pohon gaharu yang pertama adalah terdapat corak atau bintik putih di bagian batangnya, ini sangat tampak terlihat seperti yang ada pada gambar. Di gambar tersebut, memperlihatkan corak putih yang khas di batang pohon gaharu yang masih kecil.

Bentuk daunnya lancip

Bentuk daunnya lancip

Untuk mengetahui pohon gaharu sebenarnya sangat mudah, kita bisa mengenalinya hanya dari melihat bentuk daun. Daun dari pohon gaharu bentuknya khas, yaitu lancip, dan tampak sangat lonjong atau panjang.

Daunnya berserat

Daunnya berserat

Selain dari bentuknya yang lancip, daun gaharu juga memiliki serat yang sangat unik. Kamu dapat mengetahui dengan mudah, yaitu hanya dengan menyobek bagian daunnya, kemudian seratnya akan tampak tidak jauh berbeda seperti pada gambar.

Batangnya wangi

Batangnya wangi

Langkah terakhir yang bisa kamu coba untuk mengetahui ciri dari pohon gaharu adalah dengan membakar batangnya, khususnya pada batang yang berwarna hitam, dan berbintik. Namun dengan catatan, ini baiknya kamu lakukan pada pohon yang sudah tua.

Nah itulah penjelasan tentang ciri-ciri pohon gaharu yang sebagaimana juga telah dijelaskan oleh Rendy7 Baskara melalui videonya yang sedang berpetualang di hutan. Memang banyak sekali peminat dari pohon gaharu, karena pohon ini memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat darinya adalah sebagai pembuatan parfum, bahan obat-obatan, menjadi aroma terapi, untuk kebutuhan religius, dan hingga membuat kulit awet muda.

Ya itulah kehebatan yang bisa pohon gaharu berikan, jagalah alam kita agar nantinya para generasi selanjutnya tetap bisa merasakan kegunaan dari pohon gaharu. Itu saja pada artikel kali ini, sampai bertemu lagi. Jangan lupa bagikan informasi ini ke media sosial bilamana kamu rasa bermanfaat dan berguna untuk orang lain.

Bagikan:

Tags

Insyira

Lulusan S1 dengan jurusan Sarjana Sosial yang sangat suka membaca dan menulis, oleh karena itu saya memilih jalan hidup untuk menjadi seorang Blogger, semoga karya saya dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar